Minggu, 11 Mei 2008

Banyak Cara Bayar PBB di Bank Mandiri

Setiap tahun Wahyudi menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Setiap tahun pula, ia membayarkannya di kantor pelayanan PBB yang ada di wilayah tempat tinggalnya. Lancar. Tidak ada masalah, namun waktunya tersita hanya untuk bayar PBB.
Namun, Yudi-begitu ia akrab disapa-baru mengetahui dari rekannya bahwa pembayaran PBB dapat dilakukan selain di kantor cabang Bank Mandiri juga dapat melalui seluruh electronic banking Bank Mandiri. "Coba kamu- bilang dari dulu. Aku "kan nggak perlu repot pindah-pindah tempat untuk bayar bermacam tagihan," kata Yudi kepada Dicky, rekan kerjanya. "Makanya... Gaul dong, he..he..," timpal Dicky, sekenanya.

Jika disimak, memang benar apa yang diucapkan Yudi. Bank Mandiri menyediakan kemudahan kepada nasabah untuk dapat membayar berbagai tagihan termasuk PBB melalui berbagai saluran electronic banking-nya ini.

Berdasarkan- hasil kesepakatan antara Bank Mandiri dan Ditjen Pajak bahwa struk Mandiri ATM, notifikasi transaksi mandiri sms via sms, bukti transaksi mandiri internet, penyebutan referensi/cetak bukti transkasi via faksimili dari phone banking call Mandiri, merupakan bukti pembayaran yang sah.

Pembayaran PBB melalui electronic banking Mandiri juga memungkinkan data pembayaran langsung ter-update di komputer Dirjen Pajak. Jika sewaktu-waktu membutuhkan bukti penyetoran pajak asli atau jika struk ATM hilang, maka nasabah bisa mendatangi KPPBB/KPP Pratama untuk meminta bukti penyetoran pajak tersebut (STTS).

Di mandiri atm, mandiri sms, mandiri internet maupun call mandiri, selain bisa bayar PBB, nasabah juga dapat melakukan pembayaran lainnya seperti tagihan listrik, telepon, cicilan kartu kredit, dan sebagainya. Bayangkan, betapa repotnya jika harus membayarkan tagihan-tagihan tersebut di tempatnya masing-masing.

Keempat layanan ini memungkinkan nasabah tak perlu lagi mendatangi loket masing-masing tempat, nasabah Mandiri tinggal mendatangi mesin-mesin mandiri atm yang berjumlah lebih dari 3000 unit dan tersebar di lokasi-lokasi yang strategis. Atau jika memang sedang tak sempat datang ke mandiri atm, nasabah Mandiri masih dapat menggunakan layanan electronic banking lainnya. Ambil contoh mandiri internet. Selama ada akses internet, nasabah dapat melakukan pembayaran PBB lewat komputer dari mejanya masing-masing. Nasabah cukup bertransaksi melalui situs Mandiri di www.bankmandiri.co.id. Bukti pembayaran dapat disimpan dalam bentuk file/dicetak.

Sama halnya dengan mandiri internet, di mandiri sms nasabah Mandiri cukup mengirimkan pesan singkat (sms) untuk membayar PBB dan mengirimkannya ke nomor 3355 atau menggunakan menu m-banking yang ada di SimCard-nya, cara transaksinya mudah, semudah kita mengirim sms.

Kemudian, nasabah dapat pula menelepon Call Mandiri di nomor telepon 14000 maka pembayaran PBB dilakukan melalui mesin penjawab atau oleh staf Bank Mandiri yang terlatih. Begitu mudah, bukan?

Keempat layanan perbankan yang diberikan Mandiri seperti mandiri atm, mandiri internet, mandiri sms, dan Call Mandiri itu berlangsung selama 24 jam. Artinya, nasabah dapat membayar PBB kapan saja, tanpa batasan ruang dan waktu.

Masalah keamanan nasabah juga amat diperhatikan. Nasabah selalu dibekali dengan nomor PIN (personal identification number) untuk menikmati layanan e-banking Mandiri tadi. Bahkan untuk mandiri internet, nasabah diberi perangkat keamanan tambahan berupa Token. Token ini berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) untuk setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial.

Untuk itu, gunakan dan nikmati kemudahan layanan e-banking Mandiri untuk menyelesaikan pembayaran tagihan PBB Anda sebelum jatuh tempo.

Tidak ada komentar: